West Papua Images

Polls

Will West Papua become a free and independenat nation?
 

Statistics

OS : Linux m
PHP : 5.2.17
MySQL : 5.5.58-0+deb7u1-log
Time : 17:57
Caching : Disabled
GZIP : Enabled
Members : 12242
Content : 1235
Web Links : 1
Content View Hits : 3761918
800 Personil Dikerahkan Untuk “Amankan” Aksi Parade Budaya PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 15 August 2013 14:58
Mobil panser yang dikerahkan aparat kepolisian untuk "amankan" aksi KNPB di Jayapura (Foto: Arnold Belau/SP)

Mobil panser yang dikerahkan aparat kepolisian untuk “amankan” aksi KNPB di Jayapura (Foto: Arnold Belau/SP)

PAPUAN, Jayapura — Kepala Kepolisian Resort Kota Jayapura, AKBP Alfred Papare, S.Ik mengatakan, pihaknya menurunkan 800 personil anggota Kepolisian untuk mengamankan aksi parade budaya Nasional Bangsa Papua, yang akan digelar pagi ini, Kamis (15/8/2013).

“Ini untuk mengantisipasi aksi anarkis dari massa yang demo hari ini. Kalau ada yang anarkis akan kami tindak tegas,” kata Papare, saat ditemui suarapapua.com, di tempat aksi, pagi tadi.

Tetapi, lanjut Papare, jika tidak ada aksi anarkis, dan hanya melakukan parade budaya maka aparat tidak akan melakukan tindakan apa-apa.

Dikatakan, personil kepolisian berjumlah 800 itu dibagi di beberapa titik untuk mengantisipasi massa yang rencananya akan bergerak dari bebrapa tempat di Jayapura ke Expo.

“Kami akan kawal jika tidak ada aksi anarkis. Sebab sesuai dengan koordinasi kami dengan penanggung jawab aksi, Bucthar Tabuni, tidak akan ada aksi anarkis,” tambahnya,

Sementara itu, Dorus Wakum, aktivis HAM di Jayapura, Papua, mengkritis pengerahaan kekuataan yang berlebihaan dalam mengamankan sebuah aksi parade budaya yang sama sekali tidak berbau politik.

“Jumlah aparat sangat banyak sekali. Padahal ini aksi demo damai dan bentuknya parade budaya saja toh. Semoga aparat tidak membubarkan aksi tersebut seperti dulu-dulu,” tegas Kordintor KAMPAK Papua.

Sebelumnya, Juru Bicara KNPB, Wim Medlam mengatakan, aksi parade budaya Nasional yang diselenggarakan juga bagian dari upaya mendukung pembukaan kantor Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Belanda, yang dikordinir oleh Kordinator Free West Papua Campaign, Tuan Benny Wenda.

 

 

Latest News

Warta Papua Barat, Papua Merdeka!; Contact Us